Kamis, 16 Mei 2019

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Jual Bibit Bebek Petelur Sragen - Hubungi CS kami Telp 085204442226 Jual Bibit Ayam Joper Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek sekarang kian popular. permohonan pada daging bebek selalu makin bertambah. dulu peternak bebek lebih memfokuskan pada produksi telur, sedang daging hanya sebagai produk samping. Daging bebek dipanen sehabis saat produktifitas bertelurnya habis. saat ini banyak ternak bebek yang bertujuan pada daging.
orang umum umumnya menganggap sama antara itik serta bebek. walaupun sebenarnya terdapat dikit ketidaksamaan antara itik dengan bebek. Itik miliki ciri badan lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya serupa botol serta gerakannya lincah. sedang bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal dan gerakannya lamban. Namun dalam ulasan kali ini, kita tidak memilah antara itik serta bebek, mengingat untuk beberapa umumnya proses budidayanya relatif sama.



Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Jaman sekarang udah tersedia bebek teristimewa pedaging serta bebek petelur. tapi sesungguhnya peternak di Indonesia membudidayakan bebek untuk diambil kedua-duanya, baik telur ataupun dagingnya. tidak seperti ternak ayam yang sudah benar-benar spesifik serta tidak bisa disamakan pada budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Kenal beberapa jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa yaitu bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. Sebagai bebek lokal, bebek jawa cukuplah produktif dalam menghasilkan telur. Dalam 1 tahun bebek ini bisa bertelur 250-300 butir. bebek dapat mulai bertelur pada usia 5-6 bulan, dan masih produktif sampai usia 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau juga dikenal dengan nama alabio merupakan satu diantaranya jenis bebek yg banyak dibudidayakan. sebetulnya ada model bebek kalimantan lain ialah bebek nunukan. tapi tidak demikian digemari banyak orang dibandingkan bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya semakin besar ketimbang bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu pada bagian sayap, dada, leher serta kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio semakin besar ketimbang bebek Jawa. potensi bertelur bebek ini sekitar 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sama dengan namanya bebek ini datang dari Bali. Konon awalnya berbentuk bebek liar yang didomestikasi petani setempat buat dijinakan. bebek bali memiliki warna badan yang beragam. potensi bertelurnya lebih dikit ketimbang bebek jawa serta bebek alabio, kurang lebih 140-145 butir per tahun. bebek bali baru bisa bertelur dengan normal setelah berusia 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner berasal dari Belanda dan Belgia. bebek model ini sesuai dibudidayakan di ikilm Indonesia. Bahkan banyak yang merasa jadi bebek asli Indonesia. Bentuk tubuh bebek indian runner menyerupai dengan bebek jawa, ramping dan berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Selain beberapa jenis bebek diatas, ada bebek pelbagai style bebek pedaging. Atau biasa ikut dimaksud bebek, ialah bebek peking, bebek aylesbury serta bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek bisa dilakukan dengan metode penggembalaan atau sistim kandang. di dalam kian sulitnya lahan penggembalaan, saat ini para peternak banyak yang beralih ke mode kandang. sudah banyak peternak yg membuktikan dengan metode kandang, budidaya bebek konsisten produktif bertelur. dibawah ini banyak hal yang penting jadi perhatian dalam upaya ternak bebek.

a. Sistim budidaya
Seperti telah disinggung awal mulanya, terdapat dua cara ternak bebek yaitu cara penggembalaan serta sistem kandang. Kedua metode tersebut memilik plus minusnya sendiri-sendiri. langkah penggembalaan banyak digunakan oleh para peternak tradisionil, misalnya para peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan metode penggembalaan pengeluaran buat pakan bisa lebih irit. Bebek mencari sendiri pakan yang berada di alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan sebagainya. kebanyakan kwalitas telur yg dihasilkan dengan mode penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya sempurna. kalau diproses menjadi telur asin sangat baik.

Hanya saja cara ini belumlah pasti dapat diterapkan di semua tempat. Mengingat kian terbatasnya lahan serta tenaga kerja penggembala yang susah diperoleh, langkah ini makin tak popular. Di sisi lain, metode budidaya dengan kandang sudah kian maju. sejumlah praktek ternak bebek dalam kandang memberikan produktivitas yang tidak kalah baik. kualitas telur yang dibuat bisa dikendalikan dengan pemberian pakan yang tepat. Terdapat beberapa model kandang buat ternak bebek, tersebut penuturannya:

Kandang tipe pekarangan. model kandang ini berbentuk pekarangan yg sekelilingnya di pagari. Bebek mengerjakan aktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan itu. Kandang ini punya sifat terbuka, tapi disediakan kandang untuk berteduh. apabila malam tiba atau hujan, bebek dapat masuk buat berteduh ke kandang.
Kandang terkurung atau type postal. Berupa satu bangunan besar yang mimiliki atap serta dinding. Dinding umumnya terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dilewatkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang ditempatkan pelbagai sarana seperti tempat pakan, minum atau kalau memungkinkan kolam berenang. basic kandang dapat berupa tanah atau semen yang ditaburi sekam padi.
Kandang type baterei. Dalam kandang ini 1-2 bebek ditempatkan dalam kotak yang terpisah. kebanyakan dibikin dari kisi-kisi bambu, sebagaimana pada budidaya ayam petelur sungguh-sungguh. Kandang jenis baterai bisa ditempatkan dalam atau luar ruangan. Dengan tipe kandang baterei, tidak disiapkan kolam untuk berenang.
b. Memilih jenis kandang
Tipe kandang seperti apakah yang sesuai buat saya? mungkin itu pertanyaan yang berada pada ingatan pembaca. penentuan jenis kandang begitu berkenaan dengan ketersediaan sumber daya seperti, tempat, luas lahan, tenaga kerja dan modal. selanjutnya perihal yang perlu diperhitungkan dalam menentukan jenis kandang.

jika tempat yg tersedia cukup luas dapat diperhitungkan kandang type pekarangan. Kandang ini memerlukan lahan yg luas, tetapi investasi buat pembuatan kandang bisa didesak sebab aktivitas bebek bakal dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan cocok ditempatkan pada terak bebek semi intens.
apabila tempat yg tersedia hanya terbatas, bisa dipertimbangkan model kandang terkurung atau model battery. Kandang tipe ini relatif tidak butuh lahan luas, namun cost pembuatan kandangnya lumayan besar. Kandang jenis ini sesuai untuk budidaya mendalam.
pikirkanlah juga maksud ternak bebek. Bila konsentrasi pada produksi telur dan daging, skema tekurung dan baterai dapat dipakai. namun bila bertujuan untuk pembibitan/reproduksi, sebaiknya pertimbangkan model pekarangan atau kandang terkurung, di mana di dalamnya disiapkan sarana kolam untuk berenang.
Memilih bibit bebek
untuk hasil ternak bebek yang maksimum, baiknya muai dengan pilih bibit yg baik. Ada tiga metode untuk memperoleh bibit bebek, ialah:

Membeli telur tetas dari induk bebek yang bisa di buktikan mutunya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
menghasilkan sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan dan betina. masalah ini bisa dilakukan jika kita memiliki bibit yang bermutu, serta punyai sarana pembibitan sendiri.
Membeli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak berbeda.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik buat maksud peterlur atau pedaging butuh pakan yg berkualitas. Pada bebek petelur, kualitas telur yang dihasilkan bergantung dengan jenis pakan yg diberikan. dibawah ini beberapa jenis pakan bebek.

a. Model pakan
Ada dua jenis pakan ternak bebek, ialah pakan alami serta pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami dapat berupa keong serta kepaa udang. sedang pakan konsentrat dapat di beli dipabrik, atau untuk mengirit dapat diramu sendiri.

apabila kita beli pakan dari pabrik, minimal terdapat tiga jenis pakan untuk semasing fase pertumbuhan. Fase awal diperuntukkan buat bebek berumur 0-8 minggu, fase grower untuk usia 8-18 minggu dan fase layer usia 18-27 minggu. Pakan sesi awal minimal memiliki kandungan protein 20-22%, fase grower 17-19% serta tahap layer 15-17%.

Pakan konsentrat dapat diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan tersebut memenuhi kandungan protein minimum dan sesuai buat pakan unggas. tersebut satu diantaranya contoh pakan konsentrat yg diramu sendiri.

Bahan baku Awal (prosen) Grower (prosen) Layer (persen)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Trik pemberian pakan
Teknik memberikannya pakan pada bebek yang baru netas hingga berumur 21 hari sebaiknya disediakan dalam baki pakan (tray feeder). sedang untuk bebek diatas 21 hari bisa disebar dilantai dan diberikan dengan terus-terusan. Demikian juga dengan pembrian air minum, untuk anak bebek 0-7 hari sebaiknya imbuhkan vitamin pad air minum. seterusnya air minum disediakan dalam wadah khsus di kandang lewat cara terus menerus. di bawah ini tabel jumlahnya pakan ternak bebek:

usia (minggu) Jumlah (gram) Umur (minggu) Jumlah (gr)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Jual Bibit Bebek Petelur Sragen




Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar