Senin, 20 Mei 2019

Jual Bibit Bebek Bandar Lampung

Jual Bibit Bebek Bandar Lampung


Jual Bibit Bebek Bandar Lampung - Hubungi kami dengan Telp 085204442226 Jual Bibit Bebek Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek waktu ini bertambah digemari banyak orang. permohonan pada daging bebek senantiasa semakin bertambah. Dahulu peternak bebek lebih menitik beratkan pada produksi telur, sedangkan daging hanya sebagai produk samping. Daging bebek dipanen selesai saat produktifitas bertelurnya habis. Sekarang banyak ternak bebek yang berorientasi pada daging.
warga umum rata-rata merasa sama pada itik dan bebek. meskipun sebenarnya ada sedikit ketidaksamaan antara itik dengan bebek. Itik memiliki ciri tubuh lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya mirip botol serta gerakannya tangkas. sedang bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal serta gerakannya lambat. Namun dalam uraian kesempatan ini, kita tdk mengetahui pada itik dan bebek, mengingat pada umumnya proses budidayanya relatif sama.



Jual Bibit Bebek Bandar Lampung


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Jual Bibit Bebek Bandar Lampung

Jual Bibit Bebek Bandar Lampung


Dewasa ini udah tersedia bebek khusus pedaging dan bebek petelur. tapi sesungguhnya peternak di Indonesia membudidayakan bebek untuk diambil kedua-duanya, baik telur maupun dagingnya. tidak seperti ternak ayam yang sudah spesifik serta tidak dapat disamakan pada budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Kenal beberapa jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa merupakan bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. Sebagai bebek lokal, bebek jawa cukuplah produktif dalam membuahkan telur. Dalam satu tahun bebek ini mampu bertelur 250-300 butir. bebek bisa mulai bertelur pada umur 5-6 bulan, serta masih produktif hingga usia 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau juga dikenal dengan nama alabio adalah satu diantaranya tipe bebek yang banyak dibudidayakan. memang ada jenis bebek kalimantan lain yaitu bebek nunukan. tetapi tidak demikian disukai banyak orang dibandingkan bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya lebih besar ketimbang bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu dibagian sayap, dada, leher dan kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio semakin besar dibandingkan bebek Jawa. kebolehan bertelur bebek ini kira-kira 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sesuai namanya bebek ini berasal dari Bali. Konon awalannya berupa bebek liar yang didomestikasi petani ditempat untuk dijinakan. bebek bali memiliki warna badan yang beragam. kekuatan bertelurnya lebih dikit dibanding bebek jawa dan bebek alabio, seputar 140-145 butir per tahun. bebek bali baru bisa bertelur dengan normal setelah berusia 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner berasal dari Belanda serta Belgia. bebek jenis ini pas dibudidayakan di ikilm Indonesia. Bahkan banyak yg menganggap sebagai bebek asli Indonesia. Bentuk badan bebek indian runner mirip dengan bebek jawa, ramping serta berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Selain beberapa jenis bebek di atas, ada bebek bermacam style bebek pedaging. Atau biasa ikut disebut bebek, ialah bebek peking, bebek aylesbury dan bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek bisa dilakukan dengan sistim penggembalaan atau langkah kandang. di dalam bertambah sulitnya area penggembalaan, sekarang banyak peternak banyak yg beralih ke metode kandang. udah banyak peternak yang memperlihatkan dengan metode kandang, budidaya bebek tetap produktif bertelur. Berikut ini banyak hal yang perlu jadi perhatian dalam usaha ternak bebek.

a. Cara budidaya
Seperti udah disinggung sebelumnya, ada dua sistem ternak bebek yaitu sistem penggembalaan serta langkah kandang. ke dua metode tersebut memilik plus minusnya sendiri-sendiri. sistim penggembalaan banyak diperlukan oleh beberapa peternak tradisionil, contoh-contohnya banyak peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan sistem penggembalaan pengeluaran untuk pakan bisa lebih irit. Bebek mencari sendiri pakan yg ada di alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan lain-lain. rata-rata kwalitas telur yg dihasilkan dengan sistem penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya prima. apabila di proses berubah menjadi telur asin sangatlah baik.

tetapi langkah ini belum pula pasti dapat ditempatkan di semua tempat. Mengingat semakin minimnya tempat dan tenaga kerja penggembala yang susah diperoleh, metode ini semakin tak digemari banyak orang. Di sisi lain, sistim budidaya dengan kandang sudah bertambah maju. Beberapa praktek ternak bebek dalam kandang tunjukkan produktivitas yg tidak kalah baik. kualitas telur yang dibuat dapat diatur dengan pemberian pakan yang tepat. ada sejumlah jenis kandang buat ternak bebek, tersebut penjelasannya:

Kandang jenis pekarangan. jenis kandang ini berwujud pekarangan yg sekelilingnya di pagari. Bebek mengerjakan aktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan itu. Kandang ini bersifat terbuka, namun disajikan kandang untuk berteduh. kalau malam datang atau hujan, bebek dapat masuk untuk berteduh ke dalam kandang.
Kandang terkurung atau type postal. berwujud sebuah bangunan besar yang mimiliki atap dan dinding. Dinding umumnya terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dilewatkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang diletakkan bermacam fasilitas seperti tempat pakan, minum atau jika memungkinkan kolam berenang. Dasar kandang dapat berbentuk tanah atau semen yg diberi sekam padi.
Kandang tipe baterai. Dalam kandang ini 1-2 bebek di letakkan dalam kotak yang terpisah. umumnya dibikin dari kisi-kisi bambu, serupa pada budidaya ayam petelur mendalam. Kandang model baterai bisa diletakkan di dalam atau luar ruangan. Dengan model kandang battery, tidak disiapkan kolam buat berenang.
b. Memilih tipe kandang
Model kandang seperti apa yg sesuai buat saya? mungkin itu pertanyaan yg ada di ingatan pembaca. penentuan model kandang sangat berkenaan dengan tersedianya sumber daya seperti, lokasi, luas tempat, tenaga kerja dan modal. tersebut hal yang butuh dipertimbangkan dalam memilih type kandang.

apabila area yang tersedia cukuplah luas bisa dipertimbangkan kandang model pekarangan. Kandang ini butuh lahan yg luas, tetapi investasi untuk pembuatan kandang bisa ditekan karena kesibukan bebek akan dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan pas diaplikasikan pada terak bebek semi intens.
Bila lahan yang ada terbatas, bisa dipertimbangkan model kandang terkurung atau jenis baterei. Kandang model ini relatif tidak membutuhkan lahan luas, tetapi cost pembuatan kandangnya cukup besar. Kandang type ini cocok untuk budidaya intens.
Pertimbangkan juga arah ternak bebek. kalau konsentrasi pada produksi telur serta daging, sistem tekurung dan baterai bisa diperlukan. namun apabila memiliki tujuan untuk pembibitan/reproduksi, semestinya pikirkan jenis pekarangan atau kandang terkurung, dimana di dalamnya disediakan fasilitas kolam untuk berenang.
pilih bibit bebek
Untuk hasil ternak bebek yang optimal, sebaiknya muai dengan menentukan bibit yg baik. Ada tiga metode untuk dapatkan bibit bebek, yaitu:

beli telur tetas dari induk bebek yang dapat di buktikan kualitasnya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
menghasilkan sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan dan betina. Hal ini dapat dilaksanakan bila kita mempunyai bibit yg memiliki kualitas, dan juga memiliki sarana pembibitan sendiri.
beli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak beda.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik untuk tujuan peterlur atau pedaging perlu pakan yang berkualitas. Pada bebek petelur, kualitas telur yang dihasilkan terkait dengan style pakan yang dikasihkan. Berikut ini beberapa jenis pakan bebek.

a. Tipe pakan
Ada dua model pakan ternak bebek, ialah pakan alami serta pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami dapat berupa keong serta kepaa udang. dan pakan konsentrat dapat di beli dipabrik, atau untuk menghemat bisa diramu sendiri.

apabila kita membeli pakan dari pabrik, setidaknya terdapat tiga tipe pakan buat masing-masing sesi perkembangan. sesi awal diperuntukan buat bebek berusia 0-8 minggu, babak grower untuk usia 8-18 minggu dan fase layer umur 18-27 minggu. Pakan fase awal sekurang-kurangnya mempunyai kandungan protein 20-22%, tahap grower 17-19% dan babak layer 15-17%.

Pakan konsentrat dapat diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan itu memenuhi kandungan protein minimum dan pas untuk pakan unggas. Berikut salah satunya contoh pakan konsentrat yg diramu sendiri.

Bahan baku Awal (%) Grower (prosen) Layer (%)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Trik pemberian pakan
Metode memberikannya pakan pada bebek yang baru netas hingga berumur 21 hari seharusnya disiapkan dalam baki pakan (tray feeder). Sedangkan buat bebek di atas 21 hari bisa disebar dilantai dan diberikan secara tak henti. Demikian juga dengan pembrian air minum, buat anak bebek 0-7 hari seharusnya imbuhkan vitamin pad air minum. lalu air minum disajikan dalam wadah khsus di dalam kandang lewat cara tiada henti. dibawah ini tabel jumlahnya pakan ternak bebek:

usia (minggu) Jumlah (gram) Umur (minggu) Jumlah (gr)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Jual Bibit Bebek Bandar Lampung




Jual Bibit Bebek Bandar Lampung


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar