Kamis, 16 Mei 2019

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Jual Bibit Bebek Petelur Sragen - Butuh Info? Telp 085204442226 Jual Bibit Ayam Joper Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek sekarang ini kian disukai banyak orang. keinginan pada daging bebek terus semakin bertambah. Dahulu peternak bebek lebih fokus pada produksi telur, dan daging hanya sebagai produk samping. Daging bebek dipanen sesudah masa produktifitas bertelurnya habis. Sekarang banyak ternak bebek yang mengarah pada daging.
warga umum umumnya menganggap sama pada itik dan bebek. meskipun sebenarnya terdapat dikit perbedaan antara itik dengan bebek. Itik punyai ciri tubuh lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya mirip botol dan gerakannya tangkas. Sedangkan bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal serta gerakannya lamban. akan tetapi dalam penjelasan kesempatan ini, kita tidak memilah antara itik serta bebek, mengingat umumnya proses budidayanya relatif sama.



Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Saat ini telah tersedia bebek privat pedaging dan bebek petelur. tapi sebenarnya peternak di Indonesia membudidayakan bebek buat diambil kedua-duanya, baik telur ataupun dagingnya. tak seperti ternak ayam yang sangatlah spesifik dan tidak dapat disamakan pada budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Kenal beberapa jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa yaitu bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. menjadi bebek lokal, bebek jawa cukup produktif dalam membuahkan telur. Dalam setahun bebek ini sanggup bertelur 250-300 butir. bebek dapat mulai bertelur pada usia 5-6 bulan, dan masih produktif hingga usia 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau juga di kenal dengan nama alabio adalah salah satu style bebek yg banyak dibudidayakan. sebetulnya ada model bebek kalimantan berbeda yakni bebek nunukan. tapi tak demikian digemari banyak orang ketimbang bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya tambah besar dibanding bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu pada sisi sayap, dada, leher serta kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio tambah besar dibanding bebek Jawa. Kemampuan bertelur bebek ini berkisar 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sama dengan namanya bebek ini berasal dari Bali. Konon awalnya berwujud bebek liar yang didomestikasi petani setempat buat dijinakan. bebek bali memiliki warna tubuh yg bermacam. Kemampuan bertelurnya lebih dikit ketimbang bebek jawa serta bebek alabio, sekitar 140-145 butir per tahun. bebek bali baru bisa bertelur dengan normal sesudah berusia 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner berasal dari Belanda serta Belgia. bebek jenis ini cocok dibudidayakan di ikilm Indonesia. bahkan juga banyak yg memandang sebagai bebek asli Indonesia. Bentuk tubuh bebek indian runner serupa dengan bebek jawa, ramping dan berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Selain jenis-jenis bebek diatas, terdapat bebek berbagai tipe bebek pedaging. Atau biasa pun dimaksud bebek, ialah bebek peking, bebek aylesbury serta bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek dapat dilaksanakan dengan cara penggembalaan atau sistim kandang. Di tengah semakin sulitnya lahan penggembalaan, sekarang banyak peternak banyak yang berubah ke metode kandang. sudah banyak peternak yg membuktikan dengan metode kandang, budidaya bebek konsisten produktif bertelur. di bawah ini berbagai hal yang wajib jadi perhatian dalam upaya ternak bebek.

a. Langkah budidaya
Seperti telah disinggung sebelumnya, ada dua sistim ternak bebek yakni cara penggembalaan serta cara kandang. ke dua langkah tersebut memilik plus minusnya sendiri-sendiri. Metode penggembalaan banyak diperlukan oleh beberapa peternak tradisionil, contoh-contohnya beberapa peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan sistem penggembalaan pengeluaran buat pakan bisa lebih irit. Bebek mencari sendiri pakan yg berada pada alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan seterusnya. kebanyakan kualitas telur yang dibuat dengan skema penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya prima. kalau di proses jadi telur asin sangatlah baik.

akan tetapi langkah ini belum semestinya bisa diterapkan di semua tempat. Mengingat bertambah terbatasnya area dan tenaga kerja penggembala yang sukar didapatkan, langkah ini kian tidak digemari banyak orang. di sisi lainnya, cara budidaya dengan kandang telah kian maju. sejumlah praktek ternak bebek dalam kandang menunjukkan produktivitas yg tdk kalah baik. Kualitas telur yg dibuat bisa dikendalikan dengan pemberian pakan yang tepat. ada sejumlah type kandang untuk ternak bebek, tersebut penjelasannya:

Kandang tipe pekarangan. type kandang ini berbentuk pekarangan yang sekelilingnya di pagari. Bebek mengerjakan aktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan itu. Kandang ini berbentuk terbuka, tapi disajikan kandang untuk berteduh. jika malam datang atau hujan, bebek dapat masuk untuk berteduh ke dalam kandang.
Kandang terkurung atau type postal. berwujud suatu bangunan besar yg mimiliki atap dan dinding. Dinding biasanya terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dibiarkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang di letakkan pelbagai fasilitas seperti tempat pakan, minum atau kalau memungkinkan kolam berenang. Dasar kandang dapat berupa tanah atau semen yg diberi sekam padi.
Kandang jenis battery. Dalam kandang ini 1-2 bebek ditempatkan dalam kotak yg terpisah. umumnya dibikin dari kisi-kisi bambu, sama dengan budidaya ayam petelur mendalam. Kandang jenis battery bisa ditempatkan di atau luar tempat. Dengan type kandang baterai, tidak disajikan kolam untuk berenang.
b. Pilih type kandang
Jenis kandang seperti apakah yg sesuai buat saya? mungkin itu pertanyaan yang ada pada akal pembaca. penentuan tipe kandang benar-benar berkenaan dengan tersedianya sumber daya seperti, lokasi, luas lahan, tenaga kerja serta modal. selanjutnya hal yang perlu diperhitungkan dalam menentukan jenis kandang.

jika area yg tersedia cukuplah luas bisa diperhitungkan kandang model pekarangan. Kandang ini memerlukan tempat yang luas, tetapi investasi untuk pembuatan kandang bisa ditekan lantaran kesibukan bebek bakal dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan cocok ditempatkan pada terak bebek semi mendalam.
Bila area yang tersedia terbatas, dapat diperhitungkan model kandang terkurung atau jenis baterei. Kandang model ini relatif tak memerlukan area luas, namun cost pembuatan kandangnya lumayan besar. Kandang type ini sesuai untuk budidaya intensif.
pikirkanlah pula tujuan ternak bebek. jika fokus pada produksi telur dan daging, mode tekurung dan baterei dapat dimanfaatkan. tapi kalau bertujuan buat pembibitan/reproduksi, sebaiknya pertimbangkan tipe pekarangan atau kandang terkurung, dimana di dalamnya disajikan layanan kolam untuk berenang.
pilih bibit bebek
Untuk hasil ternak bebek yg maksimum, seharusnya muai dengan memilih bibit yg baik. Ada tiga teknik buat dapatkan bibit bebek, yaitu:

Membeli telur tetas dari induk bebek yang dapat di buktikan kualitasnya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
menghasilkan sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan serta betina. masalah ini bisa dikerjakan kalau kita miliki bibit yang berkualitas, dan juga punyai sarana pembibitan sendiri.
Membeli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak lain.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik untuk arah peterlur atau pedaging perlu pakan yang berkualitas. Pada bebek petelur, kwalitas telur yang dibuat terkait dengan style pakan yang diberikan. Berikut ini beberapa jenis pakan bebek.

a. Tipe pakan
Terdapat dua tipe pakan ternak bebek, yaitu pakan alami serta pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami bisa berbentuk keong dan kepaa udang. dan pakan konsentrat dapat di beli dipabrik, atau untuk menghemat dapat diramu sendiri.

kalau kita beli pakan dari pabrik, sedikitnya terdapat tiga tipe pakan untuk semasing fase pertumbuhan. Fase awal ditujukan bagi bebek berusia 0-8 minggu, tahap grower buat usia 8-18 minggu serta fase layer umur 18-27 minggu. Pakan tahap awal setidaknya memiliki kandungan protein 20-22%, tahap grower 17-19% dan babak layer 15-17%.

Pakan konsentrat bisa diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan itu memenuhi kandungan protein sedikitnya dan sesuai buat pakan unggas. selanjutnya salah satu contoh pakan konsentrat yang diramu sendiri.

Bahan baku Awal (%) Grower (persen) Layer (%)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Teknik pemberian pakan
Cara memberikan pakan pada bebek yang baru netas sampai berumur 21 hari baiknya disiapkan dalam baki pakan (tray feeder). Sedangkan untuk bebek di atas 21 hari bisa disebar dilantai dan diberikan secara terus menerus. Demikian juga dengan pembrian air minum, buat anak bebek 0-7 hari baiknya imbuhkan vitamin pad air minum. setelah itu air minum disediakan dalam wadah khsus di kandang dengan cara terus menerus. dibawah ini tabel jumlahnya pakan ternak bebek:

Umur (minggu) Jumlah (gr) Umur (minggu) Jumlah (gram)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Jual Bibit Bebek Petelur Sragen




Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar