Kamis, 16 Mei 2019

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Jual Bibit Bebek Petelur Sragen - Informasi Lebih lanjut Telp 085204442226 Jual Bibit Ayam Joper Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek saat ini semakin popular. keinginan terhadap daging bebek selalu semakin bertambah. Dahulu peternak bebek lebih memfokuskan pada produksi telur, sedangkan daging hanya sebagai produk samping. Daging bebek dipanen setelah jaman produktifitas bertelurnya habis. saat ini banyak ternak bebek yg berorientasi pada daging.
Masyarakat umum biasanya memandang sama antara itik dan bebek. meskipun sebenarnya terdapat dikit perbedaan pada itik dengan bebek. Itik punyai ciri badan lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya serupa botol dan gerakannya lincah. dan bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal dan gerakannya lambat. akan tetapi dalam ulasan kali ini, kita tak membedakan antara itik dan bebek, mengingat untuk beberapa umumnya proses budidayanya relatif sama.



Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Saat ini udah ada bebek pribadi pedaging serta bebek petelur. tetapi sebetulnya peternak di Indonesia membudidayakan bebek untuk diambil keduanya, baik telur ataupun dagingnya. tidak seperti ternak ayam yang sudah sangat spesifik dan tidak dapat disamakan pada budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Mengetahui beberapa jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa adalah bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. menjadi bebek lokal, bebek jawa cukuplah produktif dalam membuahkan telur. Dalam 1 tahun bebek ini dapat bertelur 250-300 butir. bebek mulai bisa bertelur pada umur 5-6 bulan, dan konsisten produktif sampai usia 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau juga di kenal dengan nama alabio merupakan salah satunya jenis bebek yang banyak dibudidayakan. sesungguhnya ada jenis bebek kalimantan lainnya yaitu bebek nunukan. akan tetapi tidak demikian popular dibandingkan bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya semakin besar dibandingkan bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu di bagian sayap, dada, leher serta kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio semakin besar dibanding bebek Jawa. kapabilitas bertelur bebek ini kira-kira 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sama dengan namanya bebek ini datang dari Bali. Konon sebelumnya berbentuk bebek liar yg didomestikasi petani setempat untuk dijinakan. bebek bali miliki warna badan yg beraneka. kapabilitas bertelurnya lebih dikit dibandingkan bebek jawa serta bebek alabio, kira-kira 140-145 butir per tahun. bebek bali baru dapat bertelur dengan normal sehabis berumur 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner berasal dari Belanda serta Belgia. bebek type ini cocok dibudidayakan di ikilm Indonesia. bahkan juga banyak yang memandang menjadi bebek asli Indonesia. Bentuk tubuh bebek indian runner menyerupai dengan bebek jawa, ramping serta berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Selain beberapa jenis bebek diatas, ada bebek berbagai model bebek pedaging. Atau biasa juga disebut bebek, yaitu bebek peking, bebek aylesbury dan bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek dapat dilaksanakan dengan sistim penggembalaan atau cara kandang. ditengah bertambah sulitnya lahan penggembalaan, saat ini banyak peternak banyak yang beralih ke mode kandang. sudah banyak peternak yang tunjukkan dengan metode kandang, budidaya bebek konsisten produktif bertelur. dibawah ini berbagai perihal yang harus diperhatikan dalam usaha ternak bebek.

a. Metode budidaya
Seperti sudah disinggung sebelumnya, terdapat dua cara ternak bebek yaitu langkah penggembalaan serta cara kandang. Kedua metode itu memilik plus minusnya sendiri-sendiri. Metode penggembalaan banyak difungsikan oleh para peternak tradisionil, misalnya beberapa peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan skema penggembalaan pengeluaran untuk pakan dapat lebih irit. Bebek mencari sendiri pakan yang berada di alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan lain-lain. umumnya kwalitas telur yg dihasilkan dengan sistem penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya sempurna. jika diproses menjadi telur asin benar-benar baik.

akan tetapi metode ini belumlah pasti bisa ditempatkan di semua tempat. Mengingat kian minimnya tempat dan tenaga kerja penggembala yang sulit diterima, langkah ini bertambah tak disukai banyak orang. di lain bidang, langkah budidaya dengan kandang telah semakin maju. sejumlah praktek ternak bebek dalam kandang memberikan produktivitas yg tak kalah baik. kualitas telur yg dibuat bisa diatur dengan pemberian pakan yang tepat. ada banyak tipe kandang untuk ternak bebek, berikut penjelasannya:

Kandang type pekarangan. jenis kandang ini berbentuk pekarangan yg sekelilingnya di pagari. Bebek mengerjakan aktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan itu. Kandang ini bersifat terbuka, namun disediakan kandang buat berteduh. apabila malam datang atau hujan, bebek dapat masuk untuk berteduh ke kandang.
Kandang terkurung atau model postal. Berupa sebuah bangunan besar yang mimiliki atap dan dinding. Dinding kebanyakan terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dibiarkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang di letakkan beberapa layanan seperti tempat pakan, minum atau kalaupun memungkinkan kolam berenang. basic kandang dapat berupa tanah atau semen yang ditaburi sekam padi.
Kandang model baterai. Dalam kandang ini 1-2 bebek di letakkan dalam kotak yang terpisah. umumnya dibuat dari kisi-kisi bambu, sebagaimana pada budidaya ayam petelur intensif. Kandang jenis battery bisa diletakkan di atau luar ruang. Dengan tipe kandang baterei, tidak disediakan kolam untuk berenang.
b. Memilih tipe kandang
Model kandang seperti apa yg pas untuk saya? mungkin itu pertanyaan yang berada di akal pembaca. Pemilihan model kandang sangat terkait dengan terdapatnya sumber daya seperti, area, luas area, tenaga kerja dan modal. Berikut hal yang butuh dipertimbangkan dalam pilih type kandang.

kalau area yang tersedia cukuplah luas dapat dipertimbangkan kandang type pekarangan. Kandang ini butuh area yang luas, tapi investasi untuk pembuatan kandang bisa ditekan karena pekerjaan bebek bakal dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan pas dipraktekkan pada terak bebek semi mendalam.
apabila area yg tersedia terbatas, dapat dipertimbangkan model kandang terkurung atau tipe baterai. Kandang tipe ini relatif tidak memerlukan area luas, akan tetapi ongkos pembuatan kandangnya cukup besar. Kandang type ini cocok untuk budidaya sungguh-sungguh.
pikirkan pula tujuan ternak bebek. kalau konsentrasi pada produksi telur serta daging, mode tekurung dan baterai dapat diperlukan. tapi apabila memiliki tujuan untuk pembibitan/reproduksi, baiknya pikirkanlah type pekarangan atau kandang terkurung, di mana di dalamnya disiapkan layanan kolam untuk berenang.
menentukan bibit bebek
buat hasil ternak bebek yg maksimum, seharusnya muai dengan memilih bibit yang baik. Ada tiga teknik buat mendapatkan bibit bebek, ialah:

beli telur tetas dari induk bebek yg dapat dibuktikan mutunya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
Memproduksi sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan dan betina. masalah ini bisa dikerjakan jika kita memiliki bibit yg berkualitas, dan punyai fasilitas pembibitan sendiri.
Membeli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak beda.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik buat maksud peterlur atau pedaging butuh pakan yang berkualitas. Pada bebek petelur, kwalitas telur yang dibuat tergantung dengan model pakan yang diberikan. di bawah ini beberapa jenis pakan bebek.

a. Style pakan
Terdapat dua model pakan ternak bebek, ialah pakan alami serta pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami dapat berupa keong serta kepaa udang. dan pakan konsentrat dapat di beli dipabrik, atau untuk menghemat dapat diramu sendiri.

kalau kita beli pakan dari pabrik, minimal terdapat tiga style pakan untuk masing-masing babak perkembangan. sesi awal diperuntukan bagi bebek berumur 0-8 minggu, babak grower buat usia 8-18 minggu serta sesi layer umur 18-27 minggu. Pakan tahap awal setidaknya punyai kandungan protein 20-22%, fase grower 17-19% dan fase layer 15-17%.

Pakan konsentrat dapat diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan itu memenuhi kandungan protein sekurang-kurangnya dan sesuai untuk pakan unggas. Berikut satu diantaranya contoh pakan konsentrat yang diramu sendiri.

Bahan baku Awal (prosen) Grower (%) Layer (persen)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Metode pemberian pakan
Metode berikan pakan pada bebek yang baru netas hingga berumur 21 hari semestinya disiapkan dalam baki pakan (tray feeder). Sedangkan untuk bebek diatas 21 hari bisa disebar dilantai serta dikasihkan lewat cara terus-terusan. Demikian juga dengan pembrian air minum, untuk anak bebek 0-7 hari semestinya imbuhkan vitamin pad air minum. lalu air minum disajikan dalam wadah khsus dalam kandang dengan cara terus-terusan. Berikut ini tabel jumlahnya pakan ternak bebek:

Umur (minggu) Jumlah (gr) Umur (minggu) Jumlah (gram)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Jual Bibit Bebek Petelur Sragen




Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar