Kamis, 16 Mei 2019

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Jual Bibit Bebek Petelur Sragen - Hubungi kami dengan Telp 085204442226 Jual Bibit Ayam Joper Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek sekarang bertambah populer. Permintaan terhadap daging bebek senantiasa makin bertambah. dulu peternak bebek lebih memfokuskan pada produksi telur, sedangkan daging cuma untuk produk samping. Daging bebek dipanen selesai periode produktifitas bertelurnya habis. Sekarang banyak ternak bebek yg fokus pada daging.
orang umum kebanyakan memandang sama pada itik dan bebek. walaupun sebenarnya terdapat sedikit ketaksamaan pada itik dengan bebek. Itik punyai ciri tubuh lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya menyerupai botol dan gerakannya lincah. Sedangkan bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal serta gerakannya lambat. Namun dalam penjelasan kali ini, kita tdk memperbedakan antara itik dan bebek, mengingat untuk beberapa umumnya proses budidayanya relatif sama.



Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Saat ini telah tersedia bebek privat pedaging dan bebek petelur. tapi pada kenyataannya peternak di Indonesia membudidayakan bebek buat diambil keduanya, baik telur ataupun dagingnya. tdk seperti ternak ayam yang sudah spesifik dan tidak dapat disamakan pada budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Mengetahui beberapa jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa adalah bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. Sebagai bebek lokal, bebek jawa cukuplah produktif dalam menghasilkan telur. Dalam satu tahun bebek ini bisa bertelur 250-300 butir. bebek mulai bisa bertelur pada umur 5-6 bulan, serta masih produktif hingga usia 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau juga dikenal dengan nama alabio adalah satu diantaranya type bebek yg banyak dibudidayakan. sesungguhnya ada type bebek kalimantan beda ialah bebek nunukan. tetapi tidak begitu populer dibanding bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya semakin besar dibanding bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu dibagian sayap, dada, leher serta kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio tambah besar dibanding bebek Jawa. kapabilitas bertelur bebek ini berkisar 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sesuai dengan namanya bebek ini berasal dari Bali. Konon awalannya berwujud bebek liar yang didomestikasi petani ditempat untuk dijinakan. bebek bali miliki warna badan yang bermacam. Kemampuan bertelurnya lebih sedikit ketimbang bebek jawa serta bebek alabio, lebih kurang 140-145 butir per tahun. bebek bali baru bisa bertelur dengan normal setelah berusia 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner datang dari Belanda dan Belgia. bebek tipe ini sesuai dibudidayakan di ikilm Indonesia. bahkan juga banyak yang merasa jadi bebek asli Indonesia. Bentuk badan bebek indian runner menyerupai dengan bebek jawa, ramping serta berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Selain jenis-jenis bebek diatas, terdapat bebek bermacam model bebek pedaging. Atau biasa pun dimaksud bebek, yaitu bebek peking, bebek aylesbury serta bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek bisa dikerjakan dengan sistim penggembalaan atau sistim kandang. ditengah bertambah sulitnya tempat penggembalaan, saat ini banyak peternak banyak yang beralih ke skema kandang. Telah banyak peternak yg perlihatkan dengan mode kandang, budidaya bebek konsisten produktif bertelur. dibawah ini berbagai perihal yang perlu diperhatikan dalam usaha ternak bebek.

a. Metode budidaya
Seperti sudah disinggung sebelumnya, terdapat dua metode ternak bebek ialah metode penggembalaan serta cara kandang. ke dua metode tersebut memilik plus minusnya sendiri-sendiri. sistim penggembalaan banyak difungsikan oleh banyak peternak tradisionil, contohnya para peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan sistem penggembalaan pengeluaran untuk pakan bisa lebih irit. Bebek mencari sendiri pakan yang berada di alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan seterusnya. kebanyakan kwalitas telur yang dibuat dengan skema penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya prima. Bila diproses jadi telur asin amat baik.

akan tetapi sistim ini belumlah pasti dapat diaplikasikan di semua tempat. Mengingat kian minimnya lahan serta tenaga kerja penggembala yg sukar didapat, metode ini makin tdk popular. di lain bidang, langkah budidaya dengan kandang telah kian maju. sejumlah praktek ternak bebek dalam kandang tunjukkan produktivitas yang tidak kalah baik. kualitas telur yang dibuat bisa dikendalikan dengan pemberian pakan yang pas. terdapat sejumlah jenis kandang untuk ternak bebek, tersebut pembicaraannya:

Kandang jenis pekarangan. Tipe kandang ini berupa pekarangan yang sekelilingnya di pagari. Bebek mengerjakan aktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan itu. Kandang ini punya sifat terbuka, namun disajikan kandang untuk berteduh. Bila malam tiba atau hujan, bebek dapat masuk untuk berteduh ke kandang.
Kandang terkurung atau jenis postal. berbentuk satu bangunan besar yg mimiliki atap dan dinding. Dinding umumnya terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dibiarkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang ditempatkan berbagai layanan seperti tempat pakan, minum atau kalau memungkinkan kolam berenang. Dasar kandang bisa berupa tanah atau semen yang diberi sekam padi.
Kandang jenis battery. Dalam kandang ini 1-2 bebek di tempatkan dalam kotak yang terpisah. kebanyakan dibuat dari kisi-kisi bambu, sama dengan budidaya ayam petelur intensif. Kandang jenis baterei dapat diletakkan dalam atau luar tempat. Dengan model kandang baterei, tidak disiapkan kolam untuk berenang.
b. Menentukan jenis kandang
Type kandang seperti apa yang sesuai untuk saya? mungkin itu pertanyaan yang berada pada benak pembaca. Pemilihan jenis kandang sangatlah sehubungan dengan tersedianya sumber daya seperti, tempat, luas lahan, tenaga kerja serta modal. Berikut perihal yang butuh diperhitungkan dalam memilih type kandang.

jika area yg ada cukuplah luas dapat dipertimbangkan kandang tipe pekarangan. Kandang ini memerlukan tempat yang luas, tapi investasi untuk pembuatan kandang bisa didesak lantaran pekerjaan bebek dapat dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan pas diterapkan pada terak bebek semi sungguh-sungguh.
jika area yang tersedia hanya terbatas, bisa dipertimbangkan tipe kandang terkurung atau jenis battery. Kandang type ini relatif tidak memerlukan tempat luas, namun ongkos pembuatan kandangnya cukup besar. Kandang model ini sesuai untuk budidaya sungguh-sungguh.
pikirkanlah pula tujuan ternak bebek. apabila fokus pada produksi telur dan daging, mode tekurung serta battery bisa digunakan. akan tetapi bila bertujuan buat pembibitan/reproduksi, sebaiknya pertimbangkan jenis pekarangan atau kandang terkurung, dimana di dalamnya disediakan fasilitas kolam untuk berenang.
menentukan bibit bebek
Untuk hasil ternak bebek yang maksimum, baiknya muai dengan pilih bibit yg baik. Ada tiga teknik untuk mendapat bibit bebek, ialah:

Membeli telur tetas dari induk bebek yg dapat di buktikan kwalitasnya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
Memproduksi sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan serta betina. soal ini dapat dilakukan bila kita punyai bibit yang berkualitas, dan juga mempunyai sarana pembibitan sendiri.
beli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak lain.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik buat tujuan peterlur atau pedaging perlu pakan yang memiliki kualitas. Pada bebek petelur, mutu telur yang dibuat bergantung dengan style pakan yang dikasihkan. dibawah ini beberapa jenis pakan bebek.

a. Model pakan
Ada dua type pakan ternak bebek, ialah pakan alami dan pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami dapat berupa keong dan kepaa udang. dan pakan konsentrat dapat di beli dipabrik, atau untuk mengirit dapat diramu sendiri.

jika kita beli pakan dari pabrik, sedikitnya terdapat tiga style pakan untuk semasing babak pertumbuhan. Fase awal diperuntukkan bagi bebek berusia 0-8 minggu, babak grower untuk umur 8-18 minggu dan sesi layer umur 18-27 minggu. Pakan fase awal sekurang-kurangnya punyai kandungan protein 20-22%, tahap grower 17-19% dan tahap layer 15-17%.

Pakan konsentrat dapat diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan itu penuhi kandungan protein minimal dan pas untuk pakan unggas. tersebut salah satunya contoh pakan konsentrat yg diramu sendiri.

Bahan baku Awal (%) Grower (persen) Layer (%)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Cara pemberian pakan
Trik memberi pakan pada bebek yang baru netas sampai berumur 21 hari seharusnya disediakan dalam baki pakan (tray feeder). dan untuk bebek di atas 21 hari bisa ditebar dilantai serta dikasihkan secara terus terusan. demikian pula dengan pembrian air minum, buat anak bebek 0-7 hari baiknya imbuhkan vitamin pad air minum. sesudah itu air minum disajikan dalam wadah khsus dalam kandang secara terus terusan. di bawah ini tabel jumlah pakan ternak bebek:

usia (minggu) Jumlah (gr) Umur (minggu) Jumlah (gr)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Jual Bibit Bebek Petelur Sragen




Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar