Kamis, 16 Mei 2019

Jual Bibit Bebek Pedaging Lampung

Jual Bibit Bebek Pedaging Lampung


Jual Bibit Bebek Pedaging Lampung - Hubungi CS kami Telp 085204442226 Jual Bibit Ayam Joper Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek waktu ini bertambah populer. keinginan pada daging bebek terus semakin bertambah. Dahulu peternak bebek lebih menitik beratkan pada produksi telur, dan daging cuma untuk produk samping. Daging bebek dipanen sesudah periode produktifitas bertelurnya habis. Sekarang banyak ternak bebek yg berorientasi pada daging.
Masyarakat umum biasanya menganggap sama pada itik dan bebek. Padahal sebenarnya terdapat dikit ketidaksamaan pada itik dengan bebek. Itik memiliki ciri badan lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya serupa botol dan gerakannya lincah. Sedangkan bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal serta gerakannya lamban. akan tetapi dalam ulasan kesempatan ini, kita tidak memilah antara itik serta bebek, mengingat umumnya proses budidayanya relatif sama.



Jual Bibit Bebek Pedaging Lampung


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Jual Bibit Bebek Pedaging Lampung

Jual Bibit Bebek Pedaging Lampung


Saat ini udah ada bebek privat pedaging dan bebek petelur. tapi sebetulnya peternak di Indonesia membudidayakan bebek untuk diambil keduanya, baik telur maupun dagingnya. tidak seperti ternak ayam yg sudah sangat spesifik dan tdk bisa disamakan antara budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Mengetahui beberapa jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa merupakan bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. jadi bebek lokal, bebek jawa cukup produktif dalam membuahkan telur. Dalam 1 tahun bebek ini bisa bertelur 250-300 butir. bebek mulai bisa bertelur pada usia 5-6 bulan, dan tetap produktif hingga usia 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau dikenal juga dengan nama alabio adalah salah satu model bebek yang banyak dibudidayakan. sebetulnya ada type bebek kalimantan lainnya yaitu bebek nunukan. akan tetapi tdk demikian digemari banyak orang dibandingkan bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya lebih besar ketimbang bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu di bagian sayap, dada, leher serta kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio lebih besar dibanding bebek Jawa. kapabilitas bertelur bebek ini berkisar 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sama dengan namanya bebek ini berasal dari Bali. Konon awalannya berupa bebek liar yang didomestikasi petani setempat untuk dijinakan. bebek bali punyai warna badan yang bermacam. kekuatan bertelurnya lebih dikit dibanding bebek jawa dan bebek alabio, sekitar 140-145 butir per tahun. bebek bali baru bisa bertelur dengan normal setelah berumur 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner datang dari Belanda dan Belgia. bebek style ini sesuai dibudidayakan di ikilm Indonesia. bahkan juga banyak yg merasa menjadi bebek asli Indonesia. Bentuk tubuh bebek indian runner serupa dengan bebek jawa, ramping dan berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Disamping beberapa jenis bebek di atas, ada bebek bermacam model bebek pedaging. Atau biasa pun dimaksud bebek, yaitu bebek peking, bebek aylesbury dan bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek dapat dilaksanakan dengan metode penggembalaan atau metode kandang. di dalam bertambah sulitnya tempat penggembalaan, kini para peternak banyak yang beralih ke mode kandang. sudah banyak peternak yang tunjukkan dengan skema kandang, budidaya bebek masih produktif bertelur. dibawah ini beberapa hal yang wajib jadi perhatian dalam upaya ternak bebek.

a. Cara budidaya
Seperti udah disinggung awal kalinya, terdapat dua langkah ternak bebek yakni cara penggembalaan dan sistem kandang. ke-2 sistem tersebut memilik plus minusnya sendiri-sendiri. cara penggembalaan banyak diperlukan oleh banyak peternak tradisional, perumpamaannya beberapa peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan metode penggembalaan pengeluaran untuk pakan bisa lebih irit. Bebek mencari sendiri pakan yang berada pada alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan lain-lain. kebanyakan mutu telur yang dibuat dengan sistem penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya sempurna. apabila di proses menjadi telur asin amat baik.

Hanya saja metode ini belum pula tentu dapat diterapkan di semua tempat. Mengingat bertambah kurangnya lahan serta tenaga kerja penggembala yang sukar diterima, sistem ini semakin tidak disukai banyak orang. Di sisi lain, cara budidaya dengan kandang udah makin maju. Beberapa praktik ternak bebek dalam kandang memperlihatkan produktivitas yg tdk kalah baik. kwalitas telur yang dihasilkan bisa dikontrol dengan pemberian pakan yang tepat. Terdapat beberapa tipe kandang buat ternak bebek, berikut penuturannya:

Kandang model pekarangan. Tipe kandang ini berwujud pekarangan yang sekelilingnya di pagari. Bebek beraktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan tersebut . Kandang ini punya sifat terbuka, akan tetapi disiapkan kandang untuk berteduh. jika malam tiba atau hujan, bebek dapat masuk buat berteduh ke dalam kandang.
Kandang terkurung atau jenis postal. berbentuk sebuah bangunan besar yang mimiliki atap serta dinding. Dinding umumnya terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dibiarkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang ditempatkan bermacam sarana seperti tempat pakan, minum atau jika sangat mungkin kolam berenang. Dasar kandang bisa berbentuk tanah atau semen yang ditaburi sekam padi.
Kandang jenis baterei. Dalam kandang ini 1-2 bebek di letakkan dalam kotak yang terpisah. rata-rata dibikin dari kisi-kisi bambu, serupa pada budidaya ayam petelur intens. Kandang tipe battery bisa ditempatkan dalam atau luar area. Dengan type kandang baterai, tak disajikan kolam untuk berenang.
b. Pilih type kandang
Tipe kandang seperti apa yang sesuai untuk saya? mungkin itu pertanyaan yang berada di akal pembaca. penentuan type kandang amat terkait dengan tersedianya sumber daya seperti, tempat, luas tempat, tenaga kerja serta modal. selanjutnya hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih model kandang.

kalau tempat yg ada cukuplah luas bisa dipertimbangkan kandang type pekarangan. Kandang ini butuh area yg luas, namun investasi untuk pembuatan kandang dapat didesak karena pekerjaan bebek dapat dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan sesuai diterapkan pada terak bebek semi sungguh-sungguh.
kalau lahan yang tersedia terbatas, dapat diperhitungkan model kandang terkurung atau model baterai. Kandang model ini relatif tidak membutuhkan lahan luas, tetapi biaya pembuatan kandangnya lumayan besar. Kandang type ini sesuai untuk budidaya intens.
pikirkanlah juga arah ternak bebek. jika konsentrasi pada produksi telur dan daging, metode tekurung dan baterei bisa diperlukan. tapi bila mempunyai tujuan untuk pembibitan/reproduksi, semestinya pikirkan jenis pekarangan atau kandang terkurung, di mana di dalamnya disiapkan sarana kolam untuk berenang.
menentukan bibit bebek
buat hasil ternak bebek yang maksimal, seharusnya muai dengan memilih bibit yang baik. Ada tiga cara untuk mendapatkan bibit bebek, ialah:

Membeli telur tetas dari induk bebek yang bisa di buktikan kualitasnya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
menghasilkan sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan dan betina. Hal ini bisa dikerjakan apabila kita miliki bibit yang memiliki kualitas, dan punyai sarana pembibitan sendiri.
Membeli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak beda.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik untuk tujuan peterlur atau pedaging butuh pakan yang memiliki kualitas. Pada bebek petelur, mutu telur yang dihasilkan bergantung dengan jenis pakan yang diberikan. dibawah ini beberapa jenis pakan bebek.

a. Jenis pakan
Terdapat dua jenis pakan ternak bebek, yaitu pakan alami dan pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami dapat berbentuk keong dan kepaa udang. dan pakan konsentrat dapat di beli dipabrik, atau untuk mengirit bisa diramu sendiri.

Bila kita membeli pakan dari pabrik, minimal ada tiga style pakan buat masing-masing tahap perkembangan. tahap awal diperuntukkan untuk bebek berusia 0-8 minggu, tahap grower buat umur 8-18 minggu dan sesi layer usia 18-27 minggu. Pakan sesi awal semestinya memiliki kandungan protein 20-22%, sesi grower 17-19% serta fase layer 15-17%.

Pakan konsentrat dapat diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan tersebut memenuhi kandungan protein minimal dan pas untuk pakan unggas. tersebut salah satunya contoh pakan konsentrat yg diramu sendiri.

Bahan baku Awal (prosen) Grower (%) Layer (%)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Cara pemberian pakan
Cara memberikan pakan pada bebek yg baru netas sampai berusia 21 hari sebaiknya disajikan dalam baki pakan (tray feeder). dan untuk bebek diatas 21 hari bisa ditebar dilantai serta dikasihkan secara tiada henti. Demikian juga dengan pembrian air minum, untuk anak bebek 0-7 hari semestinya tambahkan vitamin pad air minum. lalu air minum disediakan dalam wadah khsus dalam kandang lewat cara terus-terusan. Berikut ini tabel banyaknya pakan ternak bebek:

Umur (minggu) Jumlah (gr) Umur (minggu) Jumlah (gram)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Jual Bibit Bebek Pedaging Lampung




Jual Bibit Bebek Pedaging Lampung


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar