Kamis, 16 Mei 2019

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Jual Bibit Bebek Petelur Sragen - Butuh Info? Telp 085204442226 Jual Bibit Ayam Joper Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek saat ini semakin disukai banyak orang. Permintaan pada daging bebek senantiasa semakin bertambah. Dahulu peternak bebek lebih menitik beratkan pada produksi telur, dan daging cuma untuk produk samping. Daging bebek dipanen sehabis waktu produktifitas bertelurnya habis. Sekarang banyak ternak bebek yang bertujuan pada daging.
warga umum rata-rata menganggap sama antara itik dan bebek. Padahal sebenarnya terdapat dikit ketidaksamaan antara itik dengan bebek. Itik punyai ciri tubuh lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya menyerupai botol dan gerakannya lincah. dan bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal dan gerakannya lamban. Namun dalam uraian kesempatan ini, kita tidak membedakan antara itik serta bebek, mengingat untuk beberapa umumnya proses budidayanya relatif sama.



Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Saat ini telah tersedia bebek privat pedaging serta bebek petelur. tapi pada kenyataannya peternak di Indonesia membudidayakan bebek untuk diambil keduanya, baik telur atau dagingnya. Tidak seperti ternak ayam yg sangatlah spesifik serta tidak dapat disamakan antara budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Mengenal jenis-jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa merupakan bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. jadi bebek lokal, bebek jawa cukup produktif dalam menghasilkan telur. Dalam satu tahun bebek ini sanggup bertelur 250-300 butir. bebek mulai bisa bertelur pada umur 5-6 bulan, dan tetap produktif hingga umur 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau juga di kenal dengan nama alabio adalah salah satunya type bebek yg banyak dibudidayakan. memang ada type bebek kalimantan beda yakni bebek nunukan. Namun tak begitu digemari banyak orang dibandingkan bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya semakin besar ketimbang bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu di bagian sayap, dada, leher serta kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio semakin besar dibandingkan bebek Jawa. kapabilitas bertelur bebek ini berkisar 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sama dengan namanya bebek ini datang dari Bali. Konon sebelumnya berupa bebek liar yg didomestikasi petani ditempat untuk dijinakan. bebek bali punyai warna badan yg beragam. kebolehan bertelurnya lebih sedikit dibandingkan bebek jawa dan bebek alabio, lebih kurang 140-145 butir per tahun. bebek bali baru bisa bertelur dengan normal sehabis berusia 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner datang dari Belanda serta Belgia. bebek model ini sesuai dibudidayakan di ikilm Indonesia. Bahkan banyak yang merasa menjadi bebek asli Indonesia. Bentuk badan bebek indian runner serupa dengan bebek jawa, ramping serta berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Disamping jenis-jenis bebek diatas, terdapat bebek pelbagai type bebek pedaging. Atau biasa juga dimaksud bebek, yaitu bebek peking, bebek aylesbury dan bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek bisa dijalankan dengan cara penggembalaan atau sistem kandang. ditengah kian sulitnya lahan penggembalaan, sekarang beberapa peternak banyak yg berganti ke sistem kandang. udah banyak peternak yang menyatakan dengan metode kandang, budidaya bebek masih produktif bertelur. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam usaha ternak bebek.

a. Langkah budidaya
Seperti udah disinggung sebelumnya, ada dua sistem ternak bebek yakni sistim penggembalaan dan cara kandang. ke-2 metode tersebut memilik plus minusnya sendiri-sendiri. langkah penggembalaan banyak diperlukan oleh beberapa peternak tradisionil, perumpamaannya beberapa peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan mode penggembalaan pengeluaran untuk pakan dapat lebih hemat. Bebek mencari sendiri pakan yang ada pada alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan lain-lain. rata-rata kualitas telur yang dibuat dengan metode penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya sempurna. Bila di proses jadi telur asin amat baik.

namun langkah ini belum pasti bisa diterapkan di semua tempat. Mengingat makin minimnya area dan tenaga kerja penggembala yg susah diperoleh, cara ini semakin tdk digemari banyak orang. Di sisi lain, cara budidaya dengan kandang udah kian maju. sejumlah praktik ternak bebek dalam kandang memperlihatkan produktivitas yg tidak kalah baik. Kualitas telur yg dihasilkan dapat dikontrol dengan pemberian pakan yang tepat. ada banyak type kandang untuk ternak bebek, berikut penuturannya:

Kandang jenis pekarangan. Tipe kandang ini berbentuk pekarangan yg sekelilingnya di pagari. Bebek mengerjakan aktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan itu. Kandang ini punya sifat terbuka, akan tetapi disiapkan kandang buat berteduh. Bila malam datang atau hujan, bebek bisa masuk buat berteduh ke dalam kandang.
Kandang terkurung atau model postal. berbentuk sebuah bangunan besar yang mimiliki atap dan dinding. Dinding biasanya terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dilewatkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang di letakkan beragam sarana seperti tempat pakan, minum atau bila sangat mungkin kolam berenang. basic kandang dapat berwujud tanah atau semen yang ditaburi sekam padi.
Kandang type battery. Dalam kandang ini 1-2 bebek ditaruh dalam kotak yang terpisah. Biasanya dibikin dari kisi-kisi bambu, sebagaimana pada budidaya ayam petelur intens. Kandang tipe battery dapat diletakkan di atau luar ruang. Dengan tipe kandang battery, tidak disiapkan kolam untuk berenang.
b. Memilih type kandang
Type kandang seperti apakah yg sesuai buat saya? mungkin itu pertanyaan yang berada di ingatan pembaca. penentuan jenis kandang begitu sehubungan dengan adanya sumber daya seperti, lokasi, luas tempat, tenaga kerja serta modal. Berikut perihal yang butuh diperhitungkan dalam memilih jenis kandang.

Bila lahan yang tersedia cukuplah luas bisa dipertimbangkan kandang model pekarangan. Kandang ini membutuhkan tempat yg luas, tapi investasi untuk pembuatan kandang dapat didesak sebab kegiatan bebek akan dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan sesuai diaplikasikan pada terak bebek semi intensif.
kalau tempat yg tersedia terbatas, bisa dipertimbangkan jenis kandang terkurung atau type battery. Kandang tipe ini relatif tidak butuh tempat luas, namun cost pembuatan kandangnya lumayan besar. Kandang jenis ini cocok untuk budidaya mendalam.
pikirkan juga arah ternak bebek. apabila konsentrasi pada produksi telur serta daging, metode tekurung serta baterai bisa digunakan. namun kalau bertujuan untuk pembibitan/reproduksi, seharusnya pikirkanlah type pekarangan atau kandang terkurung, di mana di dalamnya disiapkan sarana kolam untuk berenang.
pilih bibit bebek
untuk hasil ternak bebek yang maksimum, semestinya muai dengan pilih bibit yg baik. Ada tiga metode untuk mendapatkan bibit bebek, yaitu:

Membeli telur tetas dari induk bebek yang terbukti kwalitasnya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
Memproduksi sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan dan betina. soal ini bisa dilaksanakan kalau kita mempunyai bibit yang memiliki kualitas, dan mempunyai fasilitas pembibitan sendiri.
beli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak berbeda.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik untuk tujuan peterlur atau pedaging perlu pakan yang berkualitas. Pada bebek petelur, kualitas telur yang dibuat bergantung dengan tipe pakan yang diberikan. di bawah ini jenis-jenis pakan bebek.

a. Type pakan
Ada dua type pakan ternak bebek, ialah pakan alami serta pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami dapat berupa keong dan kepaa udang. dan pakan konsentrat dapat di beli dipabrik, atau untuk mengirit dapat diramu sendiri.

jika kita membeli pakan dari pabrik, sekurang-kurangnya ada tiga type pakan buat masing-masing babak pertumbuhan. sesi awal diperuntukkan buat bebek berusia 0-8 minggu, sesi grower untuk usia 8-18 minggu serta fase layer umur 18-27 minggu. Pakan fase awal semestinya miliki kandungan protein 20-22%, tahap grower 17-19% serta babak layer 15-17%.

Pakan konsentrat bisa diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan itu memenuhi kandungan protein sedikitnya dan cocok untuk pakan unggas. tersebut satu diantaranya contoh pakan konsentrat yg diramu sendiri.

Bahan baku Awal (prosen) Grower (persen) Layer (prosen)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Cara pemberian pakan
Cara memberikan pakan pada bebek yang baru netas sampai berumur 21 hari semestinya diberikan dalam baki pakan (tray feeder). sedang untuk bebek diatas 21 hari dapat ditebar dilantai dan diberikan dengan terus menerus. Demikian juga dengan pembrian air minum, untuk anak bebek 0-7 hari baiknya imbuhkan vitamin pad air minum. seterusnya air minum disediakan dalam wadah khsus di kandang dengan cara terus terusan. di bawah ini tabel banyaknya pakan ternak bebek:

usia (minggu) Jumlah (gram) Umur (minggu) Jumlah (gram)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Jual Bibit Bebek Petelur Sragen




Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar