Kamis, 16 Mei 2019

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Jual Bibit Bebek Petelur Sragen - Hubungi CS kami Telp 085204442226 Jual Bibit Ayam Joper Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek sekarang bertambah populer. keinginan pada daging bebek terus semakin bertambah. dulu peternak bebek lebih memfokuskan pada produksi telur, sedangkan daging cuma untuk produk samping. Daging bebek dipanen selesai periode produktifitas bertelurnya habis. Sekarang banyak ternak bebek yang berorientasi pada daging.
penduduk umum kebanyakan menganggap sama pada itik dan bebek. Padahal sebenarnya ada dikit ketaksamaan antara itik dengan bebek. Itik memiliki ciri badan lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya menyerupai botol serta gerakannya gesit. dan bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal dan gerakannya lambat. tetapi dalam review kesempatan ini, kita tak membedakan antara itik dan bebek, mengingat secara umum proses budidayanya relatif sama.



Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Saat ini sudah ada bebek privat pedaging serta bebek petelur. Namun sebetulnya peternak di Indonesia membudidayakan bebek buat diambil keduanya, baik telur maupun dagingnya. Tidak seperti ternak ayam yang sangat spesifik serta tidak dapat disamakan antara budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Mengetahui jenis-jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa merupakan bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. Sebagai bebek lokal, bebek jawa cukuplah produktif dalam menghasilkan telur. Dalam setahun bebek ini mampu bertelur 250-300 butir. bebek dapat mulai bertelur pada usia 5-6 bulan, dan tetap produktif sampai usia 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau juga dikenal dengan nama alabio adalah salah satu jenis bebek yang banyak dibudidayakan. memang ada jenis bebek kalimantan beda yakni bebek nunukan. tetapi tidak demikian populer ketimbang bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya lebih besar dibandingkan bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu pada sisi sayap, dada, leher serta kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio tambah besar ketimbang bebek Jawa. Kemampuan bertelur bebek ini berkisar 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sesuai dengan namanya bebek ini datang dari Bali. Konon awalnya berupa bebek liar yg didomestikasi petani ditempat buat dijinakan. bebek bali punyai warna badan yang bermacam. Kemampuan bertelurnya lebih sedikit ketimbang bebek jawa serta bebek alabio, kira-kira 140-145 butir per tahun. bebek bali baru dapat bertelur dengan normal sesudah berusia 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner datang dari Belanda dan Belgia. bebek type ini pas dibudidayakan di ikilm Indonesia. bahkan juga banyak yg menganggap menjadi bebek asli Indonesia. Bentuk badan bebek indian runner mirip dengan bebek jawa, ramping serta berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Disamping beberapa jenis bebek di atas, terdapat bebek beberapa type bebek pedaging. Atau biasa pun dimaksud bebek, ialah bebek peking, bebek aylesbury dan bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek bisa dilaksanakan dengan metode penggembalaan atau metode kandang. Di tengah bertambah sulitnya area penggembalaan, saat ini beberapa peternak banyak yang beralih ke metode kandang. Telah banyak peternak yg membuktikan dengan metode kandang, budidaya bebek tetap produktif bertelur. di bawah ini beberapa hal yang penting dilihat dalam usaha ternak bebek.

a. Sistim budidaya
Seperti telah disinggung awal mulanya, terdapat dua cara ternak bebek ialah cara penggembalaan serta sistem kandang. ke dua sistem tersebut memilik plus minusnya sendiri-sendiri. cara penggembalaan banyak difungsikan oleh banyak peternak tradisionil, perumpamaannya beberapa peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan sistem penggembalaan pengeluaran untuk pakan bisa lebih hemat. Bebek mencari sendiri pakan yg ada di alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan lain sebagainya. umumnya kualitas telur yang dihasilkan dengan skema penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya sempurna. jika diolah menjadi telur asin sangat baik.

akan tetapi sistem ini belum pula semestinya dapat dipraktekkan di semua tempat. Mengingat semakin minimnya lahan serta tenaga kerja penggembala yang sukar didapat, cara ini kian tak populer. di lain bidang, sistim budidaya dengan kandang telah kian maju. Beberapa praktik ternak bebek dalam kandang memberikan produktivitas yang tak kalah baik. kualitas telur yg dibuat bisa dikendalikan dengan pemberian pakan yang pas. ada banyak jenis kandang buat ternak bebek, selanjutnya pembicaraannya:

Kandang tipe pekarangan. Tipe kandang ini berupa pekarangan yg sekelilingnya di pagari. Bebek beraktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan itu. Kandang ini punya sifat terbuka, akan tetapi disajikan kandang untuk berteduh. kalau malam tiba atau hujan, bebek dapat masuk untuk berteduh ke dalam kandang.
Kandang terkurung atau jenis postal. berwujud suatu bangunan besar yang mimiliki atap serta dinding. Dinding biasanya terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dibiarkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang di tempatkan beragam sarana seperti tempat pakan, minum atau kalau sangat mungkin kolam berenang. basic kandang dapat berwujud tanah atau semen yg ditaburi sekam padi.
Kandang jenis baterei. Dalam kandang ini 1-2 bebek diletakkan dalam kotak yg terpisah. kebanyakan dibikin dari kisi-kisi bambu, sama dengan budidaya ayam petelur sungguh-sungguh. Kandang tipe battery bisa di tempatkan di atau luar area. Dengan model kandang battery, tidak disediakan kolam untuk berenang.
b. Memilih model kandang
Type kandang seperti apakah yg pas buat saya? mungkin itu pertanyaan yg ada pada akal pembaca. Pemilihan model kandang sangatlah berkaitan dengan adanya sumber daya seperti, area, luas tempat, tenaga kerja serta modal. tersebut soal yang perlu diperhitungkan dalam memilih model kandang.

apabila tempat yg ada cukuplah luas bisa diperhitungkan kandang type pekarangan. Kandang ini butuh tempat yg luas, akan tetapi investasi untuk pembuatan kandang bisa didesak lantaran kegiatan bebek dapat dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan cocok diaplikasikan pada terak bebek semi mendalam.
kalau lahan yang tersedia terbatas, dapat diperhitungkan type kandang terkurung atau jenis baterai. Kandang tipe ini relatif tak butuh area luas, tapi cost pembuatan kandangnya lumayan besar. Kandang jenis ini sesuai untuk budidaya intensif.
pikirkan pula maksud ternak bebek. kalau konsentrasi pada produksi telur dan daging, skema tekurung dan battery bisa diperlukan. namun bila memiliki tujuan buat pembibitan/reproduksi, sebaiknya pertimbangkan type pekarangan atau kandang terkurung, di mana di dalamnya disediakan sarana kolam untuk berenang.
pilih bibit bebek
Untuk hasil ternak bebek yang optimal, seharusnya muai dengan pilih bibit yg baik. Ada tiga langkah untuk mendapat bibit bebek, ialah:

beli telur tetas dari induk bebek yang bisa di buktikan kualitasnya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
Memproduksi sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan dan betina. perihal ini bisa dilakukan bila kita miliki bibit yang berkualitas, dan juga miliki sarana pembibitan sendiri.
Membeli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak lainnya.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik buat arah peterlur atau pedaging perlu pakan yang memiliki kualitas. Pada bebek petelur, kualitas telur yg dibuat tergantung dengan model pakan yang diberikan. dibawah ini jenis-jenis pakan bebek.

a. Model pakan
Ada dua jenis pakan ternak bebek, yaitu pakan alami dan pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami dapat berwujud keong dan kepaa udang. dan pakan konsentrat dapat di beli dipabrik, atau untuk menghemat bisa diramu sendiri.

Bila kita beli pakan dari pabrik, sedikitnya ada tiga tipe pakan buat masing-masing fase perkembangan. tahap awal ditujukan bagi bebek berusia 0-8 minggu, tahap grower untuk umur 8-18 minggu serta fase layer umur 18-27 minggu. Pakan sesi awal semestinya mempunyai kandungan protein 20-22%, tahap grower 17-19% serta sesi layer 15-17%.

Pakan konsentrat bisa diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan itu penuhi kandungan protein minimum dan cocok buat pakan unggas. Berikut satu diantaranya contoh pakan konsentrat yg diramu sendiri.

Bahan baku Awal (persen) Grower (persen) Layer (persen)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Teknik pemberian pakan
Metode berikan pakan pada bebek yang baru netas hingga berumur 21 hari baiknya disediakan dalam baki pakan (tray feeder). sedang buat bebek diatas 21 hari bisa ditebar dilantai dan diberikan lewat cara tak henti. Demikian juga dengan pembrian air minum, buat anak bebek 0-7 hari seharusnya imbuhkan vitamin pad air minum. lalu air minum disiapkan dalam wadah khsus di dalam kandang dengan terus menerus. di bawah ini tabel jumlah pakan ternak bebek:

usia (minggu) Jumlah (gram) Umur (minggu) Jumlah (gram)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Jual Bibit Bebek Petelur Sragen




Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar