Kamis, 16 Mei 2019

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Jual Bibit Bebek Petelur Sragen - Informasi Lebih lanjut Telp 085204442226 Jual Bibit Ayam Joper Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek sekarang semakin popular. permohonan terhadap daging bebek senantiasa semakin bertambah. Dahulu peternak bebek lebih fokus pada produksi telur, sedang daging hanya sebagai produk samping. Daging bebek dipanen sehabis saat produktifitas bertelurnya habis. saat ini banyak ternak bebek yang bertujuan pada daging.
warga umum umumnya memandang sama antara itik serta bebek. meski sebenarnya terdapat sedikit ketaksamaan antara itik dengan bebek. Itik punyai ciri badan lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya mirip botol dan gerakannya tangkas. dan bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal dan gerakannya lambat. Namun dalam ulasan kesempatan ini, kita tdk memperbedakan antara itik dan bebek, mengingat umumnya proses budidayanya relatif sama.



Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Dewasa ini sudah tersedia bebek pribadi pedaging dan bebek petelur. tapi sesungguhnya peternak di Indonesia membudidayakan bebek untuk diambil kedua-duanya, baik telur ataupun dagingnya. Tidak seperti ternak ayam yang sangatlah spesifik dan tidak bisa disamakan antara budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Kenal jenis-jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa ialah bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. jadi bebek lokal, bebek jawa cukup produktif dalam membuahkan telur. Dalam satu tahun bebek ini mampu bertelur 250-300 butir. bebek dapat mulai bertelur pada umur 5-6 bulan, dan terus produktif sampai usia 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau juga dikenal dengan nama alabio merupakan salah satu model bebek yang banyak dibudidayakan. sesungguhnya ada tipe bebek kalimantan lainnya yaitu bebek nunukan. Namun tidak begitu popular ketimbang bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya lebih besar ketimbang bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu pada sisi sayap, dada, leher dan kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio tambah besar dibanding bebek Jawa. Kemampuan bertelur bebek ini kira-kira 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sesuai sama namanya bebek ini berasal dari Bali. Konon awalannya berwujud bebek liar yang didomestikasi petani setempat buat dijinakan. bebek bali memiliki warna badan yang beraneka. kekuatan bertelurnya lebih sedikit ketimbang bebek jawa serta bebek alabio, kurang lebih 140-145 butir per tahun. bebek bali baru bisa bertelur dengan normal sesudah berusia 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner datang dari Belanda serta Belgia. bebek model ini sesuai dibudidayakan di ikilm Indonesia. bahkan juga banyak yg memandang menjadi bebek asli Indonesia. Bentuk badan bebek indian runner serupa dengan bebek jawa, ramping serta berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Selain jenis-jenis bebek diatas, terdapat bebek pelbagai jenis bebek pedaging. Atau biasa juga dimaksud bebek, ialah bebek peking, bebek aylesbury dan bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek bisa dijalankan dengan sistim penggembalaan atau metode kandang. ditengah makin sulitnya lahan penggembalaan, sekarang para peternak banyak yang berpindah ke metode kandang. sudah banyak peternak yg menyatakan dengan sistem kandang, budidaya bebek masih produktif bertelur. dibawah ini beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam usaha ternak bebek.

a. Langkah budidaya
Seperti telah disinggung awal kalinya, ada dua cara ternak bebek yaitu metode penggembalaan dan langkah kandang. ke dua cara itu memilik plus minusnya sendiri-sendiri. cara penggembalaan banyak diperlukan oleh para peternak tradisionil, contohnya beberapa peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan metode penggembalaan pengeluaran buat pakan bisa lebih irit. Bebek mencari sendiri pakan yang berada pada alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan lain-lain. Biasanya mutu telur yg dibuat dengan sistem penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya sempurna. jika diproses menjadi telur asin benar-benar baik.

akan tetapi sistim ini belum pula tentu dapat diaplikasikan di semua tempat. Mengingat bertambah terbatasnya tempat dan tenaga kerja penggembala yang sukar diperoleh, sistim ini kian tak disukai banyak orang. di lain bidang, langkah budidaya dengan kandang sudah makin maju. Beberapa praktik ternak bebek dalam kandang memberikan produktivitas yang tdk kalah baik. kwalitas telur yang dihasilkan dapat dikendalikan dengan pemberian pakan yang tepat. ada banyak tipe kandang untuk ternak bebek, selanjutnya pembicaraannya:

Kandang model pekarangan. jenis kandang ini berbentuk pekarangan yang sekelilingnya di pagari. Bebek mengerjakan aktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan tersebut . Kandang ini bersifat terbuka, tetapi disediakan kandang untuk berteduh. apabila malam datang atau hujan, bebek bisa masuk buat berteduh ke dalam kandang.
Kandang terkurung atau jenis postal. Berupa sebuah bangunan besar yang mimiliki atap dan dinding. Dinding kebanyakan terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dibiarkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang di letakkan berbagai layanan seperti tempat pakan, minum atau kalau memungkinkan kolam berenang. basic kandang dapat berwujud tanah atau semen yang diberi sekam padi.
Kandang jenis battery. Dalam kandang ini 1-2 bebek diletakkan dalam kotak yg terpisah. umumnya dibuat dari kisi-kisi bambu, seperti pada budidaya ayam petelur mendalam. Kandang tipe battery dapat ditempatkan di dalam atau luar ruangan. Dengan type kandang baterai, tidak disajikan kolam untuk berenang.
b. Menentukan tipe kandang
Type kandang seperti apakah yang cocok untuk saya? mungkin itu pertanyaan yang berada di akal pembaca. penentuan type kandang sangat berkaitan dengan adanya sumber daya seperti, lokasi, luas lahan, tenaga kerja serta modal. Berikut hal yang butuh dipertimbangkan dalam menentukan tipe kandang.

jika tempat yang tersedia cukup luas bisa dipertimbangkan kandang model pekarangan. Kandang ini membutuhkan area yg luas, akan tetapi investasi buat pembuatan kandang dapat ditekan karena pekerjaan bebek akan dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan sesuai diterapkan pada terak bebek semi intens.
apabila area yang tersedia terbatas, dapat dipertimbangkan model kandang terkurung atau type battery. Kandang tipe ini relatif tidak membutuhkan lahan luas, namun cost pembuatan kandangnya cukup besar. Kandang tipe ini sesuai buat budidaya sungguh-sungguh.
pikirkanlah juga arah ternak bebek. kalau konsentrasi pada produksi telur dan daging, skema tekurung dan baterei bisa digunakan. tapi jika mempunyai tujuan buat pembibitan/reproduksi, seharusnya pertimbangkan tipe pekarangan atau kandang terkurung, di mana di dalamnya disediakan sarana kolam untuk berenang.
Memilih bibit bebek
untuk hasil ternak bebek yg maksimum, baiknya muai dengan memilih bibit yang baik. Ada tiga trik buat mendapat bibit bebek, ialah:

beli telur tetas dari induk bebek yg terbukti mutunya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
Memproduksi sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan dan betina. perihal ini dapat dikerjakan kalau kita mempunyai bibit yg memiliki kualitas, dan punyai sarana pembibitan sendiri.
Membeli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak beda.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik untuk arah peterlur atau pedaging perlu pakan yang bermutu. Pada bebek petelur, kualitas telur yang dihasilkan tergantung dengan tipe pakan yang dikasihkan. dibawah ini jenis-jenis pakan bebek.

a. Style pakan
Ada dua model pakan ternak bebek, yaitu pakan alami serta pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami dapat berupa keong dan kepaa udang. dan pakan konsentrat dapat di beli dipabrik, atau buat menghemat bisa diramu sendiri.

jika kita beli pakan dari pabrik, semestinya ada tiga jenis pakan untuk masing-masing babak pertumbuhan. tahap awal diperuntukkan bagi bebek berumur 0-8 minggu, fase grower buat umur 8-18 minggu dan tahap layer umur 18-27 minggu. Pakan fase awal sekurang-kurangnya mempunyai kandungan protein 20-22%, tahap grower 17-19% serta tahap layer 15-17%.

Pakan konsentrat bisa diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan tersebut memenuhi kandungan protein minimum serta cocok untuk pakan unggas. Berikut salah satu contoh pakan konsentrat yg diramu sendiri.

Bahan baku Awal (prosen) Grower (prosen) Layer (prosen)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Trik pemberian pakan
Trik memberi pakan pada bebek yg baru netas sampai berumur 21 hari semestinya diberikan dalam baki pakan (tray feeder). Sedangkan buat bebek diatas 21 hari dapat ditebar dilantai serta dikasihkan dengan cara terus terusan. demikian pula dengan pembrian air minum, untuk anak bebek 0-7 hari baiknya imbuhkan vitamin pad air minum. Selanjutnya air minum disajikan dalam wadah khsus dalam kandang secara tiada henti. dibawah ini tabel jumlah pakan ternak bebek:

usia (minggu) Jumlah (gr) Umur (minggu) Jumlah (gram)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Jual Bibit Bebek Petelur Sragen




Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar