Kamis, 16 Mei 2019

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Jual Bibit Bebek Petelur Sragen - Hubungi CS kami Telp 085204442226 Jual Bibit Ayam Joper Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek sekarang ini kian popular. permohonan pada daging bebek selalu semakin bertambah. dulu peternak bebek lebih fokus pada produksi telur, sedangkan daging cuma untuk produk samping. Daging bebek dipanen setelah jaman produktifitas bertelurnya habis. saat ini banyak ternak bebek yang berorientasi pada daging.
warga umum kebanyakan merasa sama pada itik serta bebek. meskipun sebenarnya ada sedikit ketaksamaan pada itik dengan bebek. Itik punyai ciri badan lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya serupa botol dan gerakannya tangkas. Sedangkan bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal serta gerakannya lambat. akan tetapi dalam uraian kesempatan ini, kita tdk mengetahui pada itik serta bebek, mengingat umumnya proses budidayanya relatif sama.



Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Saat ini telah tersedia bebek spesial pedaging serta bebek petelur. akan tetapi sesungguhnya peternak di Indonesia membudidayakan bebek untuk diambil kedua-duanya, baik telur ataupun dagingnya. tak seperti ternak ayam yg sangatlah spesifik dan tidak bisa disamakan antara budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Mengenal beberapa jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa merupakan bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. Sebagai bebek lokal, bebek jawa cukuplah produktif dalam membuahkan telur. Dalam satu tahun bebek ini bisa bertelur 250-300 butir. bebek dapat mulai bertelur pada umur 5-6 bulan, dan konsisten produktif hingga usia 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau dikenal juga dengan nama alabio merupakan salah satu model bebek yang banyak dibudidayakan. Sebenarnya ada model bebek kalimantan berbeda yakni bebek nunukan. tapi tidak demikian digemari banyak orang ketimbang bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya lebih besar dibandingkan bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu pada sisi sayap, dada, leher dan kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio tambah besar ketimbang bebek Jawa. kekuatan bertelur bebek ini berkisar 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sesuai sama namanya bebek ini berasal dari Bali. Konon awalannya berupa bebek liar yang didomestikasi petani ditempat buat dijinakan. bebek bali mempunyai warna tubuh yang bermacam. kapabilitas bertelurnya lebih dikit ketimbang bebek jawa dan bebek alabio, kira-kira 140-145 butir per tahun. bebek bali baru bisa bertelur dengan normal setelah berumur 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner datang dari Belanda dan Belgia. bebek jenis ini pas dibudidayakan di ikilm Indonesia. Bahkan banyak yang merasa menjadi bebek asli Indonesia. Bentuk tubuh bebek indian runner mirip dengan bebek jawa, ramping dan berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Selain beberapa jenis bebek di atas, ada bebek berbagai style bebek pedaging. Atau biasa ikut disebut bebek, ialah bebek peking, bebek aylesbury dan bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek bisa dikerjakan dengan sistim penggembalaan atau metode kandang. di dalam semakin sulitnya tempat penggembalaan, saat ini para peternak banyak yang berpindah ke skema kandang. sudah banyak peternak yg menyatakan dengan mode kandang, budidaya bebek terus produktif bertelur. di bawah ini berbagai hal yang wajib jadi perhatian dalam upaya ternak bebek.

a. Sistem budidaya
Seperti udah disinggung awal mulanya, ada dua cara ternak bebek ialah sistim penggembalaan dan langkah kandang. Kedua sistim itu memilik plus minusnya sendiri-sendiri. Metode penggembalaan banyak dipakai oleh banyak peternak tradisional, perumpamaannya para peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan skema penggembalaan pengeluaran buat pakan dapat lebih irit. Bebek mencari sendiri pakan yg ada di alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan sebagainya. rata-rata kualitas telur yang dibuat dengan mode penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya prima. kalau diolah menjadi telur asin benar-benar baik.

tetapi sistim ini belum juga tentu bisa diterapkan di semua tempat. Mengingat semakin terbatasnya area serta tenaga kerja penggembala yang sulit diterima, sistim ini kian tak popular. Di sisi lain, sistem budidaya dengan kandang sudah bertambah maju. beberapa praktek ternak bebek dalam kandang menunjukkan produktivitas yang tak kalah baik. kualitas telur yg dihasilkan bisa dikontrol dengan pemberian pakan yang pas. ada banyak tipe kandang untuk ternak bebek, tersebut penjelasannya:

Kandang jenis pekarangan. model kandang ini berupa pekarangan yang sekelilingnya di pagari. Bebek beraktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan tersebut . Kandang ini punya sifat terbuka, tetapi disajikan kandang untuk berteduh. kalau malam datang atau hujan, bebek bisa masuk untuk berteduh ke kandang.
Kandang terkurung atau type postal. Berupa suatu bangunan besar yang mimiliki atap serta dinding. Dinding rata-rata terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dibiarkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang ditempatkan berbagai sarana seperti tempat pakan, minum atau jika memungkinkan kolam berenang. Dasar kandang bisa berupa tanah atau semen yang ditaburi sekam padi.
Kandang model battery. Dalam kandang ini 1-2 bebek di letakkan dalam kotak yg terpisah. umumnya dibikin dari kisi-kisi bambu, sebagaimana pada budidaya ayam petelur mendalam. Kandang jenis baterei dapat ditaruh dalam atau luar ruangan. Dengan tipe kandang battery, tidak disediakan kolam untuk berenang.
b. Pilih type kandang
Tipe kandang seperti apakah yg cocok untuk saya? mungkin itu pertanyaan yg berada di akal pembaca. penentuan model kandang sangat berkaitan dengan tersedianya sumber daya seperti, area, luas lahan, tenaga kerja serta modal. selanjutnya perihal yang butuh diperhitungkan dalam pilih tipe kandang.

Bila lahan yang tersedia cukuplah luas bisa diperhitungkan kandang type pekarangan. Kandang ini butuh lahan yg luas, tapi investasi buat pembuatan kandang dapat didesak sebab kesibukan bebek dapat dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan pas dipraktekkan pada terak bebek semi intensif.
apabila tempat yang ada terbatas, bisa dipertimbangkan tipe kandang terkurung atau tipe battery. Kandang type ini relatif tidak butuh tempat luas, namun biaya pembuatan kandangnya lumayan besar. Kandang tipe ini pas buat budidaya mendalam.
pikirkanlah pula maksud ternak bebek. kalau konsentrasi pada produksi telur serta daging, sistem tekurung dan baterei dapat digunakan. namun jika punya tujuan buat pembibitan/reproduksi, seharusnya pikirkan model pekarangan atau kandang terkurung, dimana di dalamnya disiapkan layanan kolam buat berenang.
Memilih bibit bebek
buat hasil ternak bebek yang maksimal, baiknya muai dengan pilih bibit yang baik. Ada tiga metode untuk memperoleh bibit bebek, ialah:

beli telur tetas dari induk bebek yang terbukti kwalitasnya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
menghasilkan sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan serta betina. soal ini dapat dilakukan bila kita mempunyai bibit yg memiliki kualitas, serta memiliki fasilitas pembibitan sendiri.
beli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak beda.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik untuk arah peterlur atau pedaging perlu pakan yg memiliki kualitas. Pada bebek petelur, kwalitas telur yg dihasilkan bergantung dengan tipe pakan yang dikasihkan. dibawah ini beberapa jenis pakan bebek.

a. Type pakan
Terdapat dua style pakan ternak bebek, yaitu pakan alami dan pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami dapat berbentuk keong serta kepaa udang. dan pakan konsentrat bisa di beli dipabrik, atau untuk mengirit dapat diramu sendiri.

apabila kita membeli pakan dari pabrik, sekurang-kurangnya ada tiga type pakan untuk masing-masing fase pertumbuhan. babak awal diperuntukkan untuk bebek berusia 0-8 minggu, babak grower untuk usia 8-18 minggu serta babak layer umur 18-27 minggu. Pakan tahap awal setidaknya mempunyai kandungan protein 20-22%, tahap grower 17-19% dan tahap layer 15-17%.

Pakan konsentrat bisa diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan tersebut memenuhi kandungan protein minimal serta cocok untuk pakan unggas. Berikut salah satu contoh pakan konsentrat yang diramu sendiri.

Bahan baku Awal (persen) Grower (%) Layer (prosen)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Langkah pemberian pakan
Teknik berikan pakan pada bebek yang baru netas hingga berusia 21 hari semestinya disediakan dalam baki pakan (tray feeder). dan buat bebek di atas 21 hari bisa disebar dilantai dan diberikan dengan terus terusan. Demikian juga dengan pembrian air minum, buat anak bebek 0-7 hari semestinya tambahkan vitamin pad air minum. sesudah itu air minum disediakan dalam wadah khsus di kandang lewat cara terus menerus. dibawah ini tabel jumlahnya pakan ternak bebek:

usia (minggu) Jumlah (gram) Umur (minggu) Jumlah (gr)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Jual Bibit Bebek Petelur Sragen




Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar