Kamis, 16 Mei 2019

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Jual Bibit Bebek Petelur Sragen - Butuh Info? Telp 085204442226 Jual Bibit Ayam Joper Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek sekarang makin populer. permohonan pada daging bebek senantiasa bertambah. dulu peternak bebek lebih memfokuskan pada produksi telur, dan daging hanya sebagai produk samping. Daging bebek dipanen sehabis waktu produktifitas bertelurnya habis. saat ini banyak ternak bebek yg fokus pada daging.
Masyarakat umum umumnya merasa sama pada itik dan bebek. meski sebenarnya ada sedikit perbedaan antara itik dengan bebek. Itik miliki ciri tubuh lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya serupa botol serta gerakannya gesit. dan bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal serta gerakannya lambat. tapi dalam review kesempatan ini, kita tak mengetahui antara itik serta bebek, mengingat untuk beberapa umumnya proses budidayanya relatif sama.



Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen

Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Jaman sekarang udah ada bebek pribadi pedaging dan bebek petelur. tapi sebetulnya peternak di Indonesia membudidayakan bebek untuk diambil keduanya, baik telur maupun dagingnya. tak seperti ternak ayam yang sangatlah spesifik dan tdk dapat disamakan pada budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Mengetahui beberapa jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa ialah bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. jadi bebek lokal, bebek jawa cukup produktif dalam membuahkan telur. Dalam satu tahun bebek ini dapat bertelur 250-300 butir. bebek bisa mulai bertelur pada usia 5-6 bulan, dan masih produktif hingga umur 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau juga dikenal dengan nama alabio merupakan satu diantaranya jenis bebek yang banyak dibudidayakan. Sebenarnya ada type bebek kalimantan lain ialah bebek nunukan. Namun tdk begitu popular ketimbang bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya lebih besar dibanding bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu di bagian sayap, dada, leher dan kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio tambah besar dibandingkan bebek Jawa. potensi bertelur bebek ini kira-kira 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sama dengan namanya bebek ini berasal dari Bali. Konon awalnya berupa bebek liar yang didomestikasi petani setempat buat dijinakan. bebek bali mempunyai warna tubuh yg beraneka. kebolehan bertelurnya lebih sedikit dibanding bebek jawa dan bebek alabio, lebih kurang 140-145 butir per tahun. bebek bali baru bisa bertelur dengan normal sesudah berusia 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner berasal dari Belanda serta Belgia. bebek tipe ini pas dibudidayakan di ikilm Indonesia. bahkan juga banyak yang menganggap jadi bebek asli Indonesia. Bentuk badan bebek indian runner mirip dengan bebek jawa, ramping serta berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Disamping jenis-jenis bebek di atas, ada bebek beragam type bebek pedaging. Atau biasa juga disebut bebek, ialah bebek peking, bebek aylesbury serta bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek bisa dilakukan dengan sistem penggembalaan atau metode kandang. ditengah semakin sulitnya tempat penggembalaan, sekarang para peternak banyak yang berubah ke mode kandang. udah banyak peternak yang menyatakan dengan mode kandang, budidaya bebek konsisten produktif bertelur. dibawah ini banyak hal yang perlu diperhatikan dalam usaha ternak bebek.

a. Langkah budidaya
Seperti udah disinggung awal mulanya, terdapat dua cara ternak bebek yaitu langkah penggembalaan dan sistem kandang. ke-2 metode tersebut memilik plus minusnya sendiri-sendiri. Metode penggembalaan banyak diperlukan oleh banyak peternak tradisional, perumpamaannya beberapa peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan mode penggembalaan pengeluaran untuk pakan dapat lebih hemat. Bebek mencari sendiri pakan yg berada di alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan lain-lain. umumnya kwalitas telur yg dihasilkan dengan sistem penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya prima. apabila diolah jadi telur asin sangatlah baik.

namun langkah ini belum juga pasti dapat diaplikasikan di semua tempat. Mengingat bertambah kurangnya area dan tenaga kerja penggembala yang sulit didapatkan, metode ini semakin tidak populer. di lain bidang, sistem budidaya dengan kandang telah makin maju. sejumlah praktik ternak bebek dalam kandang memperlihatkan produktivitas yang tidak kalah baik. kwalitas telur yang dibuat dapat diatur dengan pemberian pakan yang pas. ada banyak model kandang untuk ternak bebek, selanjutnya penjelasannya:

Kandang jenis pekarangan. jenis kandang ini berupa pekarangan yang sekelilingnya di pagari. Bebek melakukan aktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan itu. Kandang ini berbentuk terbuka, namun disiapkan kandang buat berteduh. Bila malam datang atau hujan, bebek bisa masuk untuk berteduh ke dalam kandang.
Kandang terkurung atau tipe postal. Berupa suatu bangunan besar yang mimiliki atap serta dinding. Dinding rata-rata terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dibiarkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang ditaruh pelbagai sarana seperti tempat pakan, minum atau kalau sangat mungkin kolam berenang. basic kandang bisa berbentuk tanah atau semen yg ditaburi sekam padi.
Kandang model baterai. Dalam kandang ini 1-2 bebek di letakkan dalam kotak yang terpisah. rata-rata dibuat dari kisi-kisi bambu, serupa pada budidaya ayam petelur intens. Kandang tipe baterai dapat ditempatkan dalam atau luar tempat. Dengan model kandang baterai, tdk disajikan kolam buat berenang.
b. Memilih jenis kandang
Model kandang seperti apa yg pas buat saya? mungkin itu pertanyaan yang berada di ingatan pembaca. Pemilihan jenis kandang sangat berkenaan dengan tersedianya sumber daya seperti, tempat, luas tempat, tenaga kerja serta modal. selanjutnya soal yg perlu diperhitungkan dalam menentukan jenis kandang.

kalau tempat yg ada cukuplah luas bisa diperhitungkan kandang jenis pekarangan. Kandang ini membutuhkan lahan yang luas, tapi investasi untuk pembuatan kandang bisa didesak karena aktivitas bebek akan dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan pas diaplikasikan pada terak bebek semi intensif.
Bila area yg ada terbatas, bisa dipertimbangkan jenis kandang terkurung atau model baterai. Kandang tipe ini relatif tak butuh lahan luas, akan tetapi biaya pembuatan kandangnya cukup besar. Kandang model ini sesuai untuk budidaya sungguh-sungguh.
pikirkan pula maksud ternak bebek. jika fokus pada produksi telur dan daging, metode tekurung dan baterei dapat diperlukan. tapi apabila memiliki tujuan buat pembibitan/reproduksi, seharusnya pikirkanlah jenis pekarangan atau kandang terkurung, di mana di dalamnya disediakan fasilitas kolam buat berenang.
pilih bibit bebek
buat hasil ternak bebek yang maksimum, baiknya muai dengan pilih bibit yang baik. Ada tiga langkah untuk memperoleh bibit bebek, yaitu:

Membeli telur tetas dari induk bebek yg dapat di buktikan kualitasnya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
Memproduksi sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan serta betina. masalah ini dapat dilakukan apabila kita miliki bibit yang memiliki kualitas, dan juga memiliki sarana pembibitan sendiri.
beli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak beda.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik buat arah peterlur atau pedaging perlu pakan yang memiliki kualitas. Pada bebek petelur, kwalitas telur yang dibuat bergantung dengan model pakan yang dikasihkan. Berikut ini jenis-jenis pakan bebek.

a. Tipe pakan
Terdapat dua tipe pakan ternak bebek, yaitu pakan alami serta pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami dapat berbentuk keong dan kepaa udang. sedang pakan konsentrat bisa di beli dipabrik, atau untuk mengirit bisa diramu sendiri.

kalau kita beli pakan dari pabrik, sekurang-kurangnya terdapat tiga jenis pakan buat masing-masing fase perkembangan. sesi awal diperuntukkan bagi bebek berusia 0-8 minggu, babak grower buat umur 8-18 minggu serta tahap layer usia 18-27 minggu. Pakan sesi awal sekurang-kurangnya miliki kandungan protein 20-22%, tahap grower 17-19% serta sesi layer 15-17%.

Pakan konsentrat dapat diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan itu penuhi kandungan protein sedikitnya dan pas untuk pakan unggas. tersebut salah satu contoh pakan konsentrat yang diramu sendiri.

Bahan baku Awal (persen) Grower (%) Layer (%)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Cara pemberian pakan
Metode memberikan pakan pada bebek yang baru netas sampai berumur 21 hari baiknya disiapkan dalam baki pakan (tray feeder). dan untuk bebek diatas 21 hari dapat disebar dilantai serta dikasihkan dengan cara terus-terusan. demikian pula dengan pembrian air minum, untuk anak bebek 0-7 hari baiknya tambahkan vitamin pad air minum. sesudah itu air minum disajikan dalam wadah khsus di kandang lewat cara terus-terusan. dibawah ini tabel jumlah pakan ternak bebek:

Umur (minggu) Jumlah (gr) Umur (minggu) Jumlah (gr)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Jual Bibit Bebek Petelur Sragen




Jual Bibit Bebek Petelur Sragen


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar